Sabtu, 09 November 2013

Jurnalistik, Emas Gratis! (1)

Jurnalistik seperti emas, berharga karena jurnalistiklah yang menjadikan orang kini tahu semua hal yang terjadi dengan cepat dan akurat. 
Gratis? Jurnalistik adalah keahlian yang kini tidak hanya dimiliki oleh sekelompok. orang yang berpendidikan di dunia ilmu komunikasi tetapi zaman telah menggeser keahlian ini kepada siapa saja yang mau berkecimpung di sana. 
Apa yang disampaikan oleh para jurnalis? Informasi atau berita. Bahasa inggrisnya adalah news. News berasal dari kata news yang berarti baru, terkini dan aktual. 
Bila kita membaca koran, majalah, atau mendengar radio dan menonton televisi,tema berita yang diberitakan terdiri dari dua jenis yaitu soft news dan hard news. Soft news adalah berita yang tidak berat misalnya berita liburan akhir pekan sedangkan Hard news adalah berita berat misalnya berita penangkapan koruptor. 
Sedangkan berdasarkan formatnya, berita terbagi menjadi straight news, indepth news, dan feature. Straight news adalah berita langsung dari sebuah kejadian terkini dan bersifat lugas, indepth news adalah berita yang lebih dalam daripada straight news, dan feature adalah ulasan sebuah berita yang telah ada dengan analisa khusus, bahasa bisa lebih sastra. 

Straight news memiliki poin-poin berikut: 
1. So what?
2. The details
3. The quote
4. The core para
5. Background

Bagaimana menulis berita? Menulis berita dimulai dengan menentukan lead yang menarik. Lead berfungsi seperti kail yang menggelitik, dan mengaduk-aduk imajinasi pembaca agar tertarik akan berita itu. Apa saja jenis-jenis lead? Ini dia
- summary lead
- lead bercerita
- descriptive lead
- quotation lead
- question lead
- direct address lead
- teaser lead

Berita ditulis menurut prioritas kepentingannya, seperti piramida terbalik. Diawali dari yang terpenting hingga ke yang kurang penting. Kenapa? Jurnalistik itu padat, singkat, dan cepat. Editor biasanya akan cut bagian bawah berita karena keterbatasan halaman atau waktu. 

Bagaimana kita mengevaluasi berita? Berita yang baik memiliki hal-hal ini, yaitu
- kejelasan
- kelengkapan
- kedalaman
- kecepatan/ketepatan waktu, that's it jurnalistic is about the fastest!
- eksklusifitas!

Bila baca beberapa jenis koran dengan teliti, kita akan dapati ada gaya bahasa tersendiri yang dibawakan jurnalis. Dari jurnalis sebuah koran, gaya bahasa mereka biasanya hemat, diksi, tidak banyak singkatan, tidak banyak anak kalimat, dan langgeng dan aktif.

Sekarang, kita singgung sedikit mengenai FEATURE.
Setelah ada sebuah berita besar, jurnalis akan tulis lagi berita itu dengan mendalam, biasanya ada hal-hal yang tidak terungkapkan di straight dan indepth news, di sinilah informasi-informasi itu digali dan dianalisa. Jenis feature yaitu feature berita dan feature human interest

Senjata feature adalah kefokusan, deskripsi, anekdot dan kutipan. Judul ditulis sebisa mungkin dengan menggunakan kata-kata dasar, bersifat summary, google friendly agar mudah ditemukan, dan predictable supaya pembaca tidak bingung. 

Dan yang sangat penting adalah bagaimana judul dibuat menarik. Judul yang menarik adalah judul yang bersifat:
- rahasia
- dramatis
- lugas
- unik/nyeleneh
- menonjolkan konteks
- naratif
- lebay, oh aku pun tersentak di sini. Tapi memang begitu ternyata triknya. 
Ini judul yang lebay: 10 juta untuk gunting kuku Ratu Atut. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar