Sabtu, 09 November 2013

Jurnalistik, Emas Gratis! (2)

Lanjut tentang emas gratis.
Sudah pernah dengan CJ (Citizen Journalism)?
CJ adalah pemberitaan yang dilakukan oleh bukan jurnalis profesional, tapi dilakukan oleh siapa saja. Siapa saja ini adalah orang-orang yang mendapatkan berita lalu mengemasnya dalam bahasa dan perangkat berita. Baik audio, visual, maupun audio-visual.

Ingat tentang bencana alam besar di negeri kita tahun 2004? Ya, tsunami di Aceh yang menewaskan sekitar 200ribu penduduk saat itu. Seorang penduduk wanita sengaja merekam kejadian ini sambil berdoa bersama keluarganya di tengah harap dan cemas mereka. Video yang dihasilkan tidak punya kualitas yang begitu baik, gambarnya goyang dan tidak jernih. Meski demikian, setelah selamat, wanita ini kembali ke pulau jawa dan mengirimkan videonya ke Metro TV dan hasilnya, video ini adalah video eksklusif yang siapapun tidak punya sehingga menjadi sumber utama pemberitaan tsunami saat itu. Siapapun, bahkan jurnalis handal pun tidak memiliki kesempatan dan tidak mungkin mencapai daerah tsunami saat itu juga untuk meliput kejadian ini selain wanita tadi yang adalah korban selamat. Inilah yang menjadi titik tolak munculnya CJ di Indonesia.

Sekarang, setidaknya ada dua saluran televisi yang mengaspirasikan CJ yaitu Metro TV dan Net TV. Radio PRFM juga mengaspirasikan CJ melalui siarannya. Berita yang terkini dan hard news menjadi alasan besar bila hasil CJ kita mau ditayangkan. Tapi, liburan, musik, kuliner, hobi juga dapat dijadikan bahan CJ kita. CJ yang ditampilkan, tentunya akan dapat honor yang setimpal. CJ memudahkan orang mengetahui berita apa saja dengan cepat dan luas, selain itu menjadi wadah hobi dan mungkin sumber penghasilan. Menarik bukan? :)

Saya terkejut ketika ditayangkan sebuah CJ mengenai jalan-jalan di hutan kota Babakan Siliwangi Bandung. Wow. Hal sederhana, tapi tidak terpikirkan. Kenapa kita tidak coba?

Nah ini dia CJ tentang hutan kota Babakan Siliwangi.
http://www.youtube.com/watch?v=B6o6oCMSsdQ
Maaf, tadi mau attach videonya tapi koneksinya lagi bermasalah, jadi link dulu aja :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar